Cara Mudah Membuka 2 Layar yang Sama di Android

Cara mudah membuka 2 aplikasi yang sama di smartphone android atau multi layar, dengan fitur split screen pada hp android mu. Selain fitur multitasking, smartphone android Galaxy C9 Pro kabarnya juga menyisipkan fitur split screen. Namun, tidak semua pengguna tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur split screen ini di hp Android mereka. Bahkan ada juga pengguna smartphone Android yang tidak mengetahui adanya fitur multi layar/window ini pada ponsel mereka.


cara mudah membuka 2 layar yang sama di android
foto:google.com


Samsung mengusung fitur split creen multitasking di Galaxy C9 Pro, itu artinya smartphone android ini. Selain memiliki performa yang baik, kencang, cepat, juga bisa menjalankan 2 aplikasi bersamaan di hp android kamu. Fitur split creen ini, dapat membuka aplikasi 2 layar di android kamu lho.., baik itu aplikasi yang sama maupun yang berbeda. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan pencarian media dan file apapun yang berada di perangkat mereka.


cara mudah membuka 2 layar yang sama di android
 (foto:google.com)

Fitur multi window atau split screen yang dikenal dengan multi layar pada hp android, mirip seperti pada iOS 9. Jadi, pada aplikasi multi window pada android, kamu dapat tetap memutar video YouTube di bagian atas layar hp. Dan membuka aplikasi lain di posisi bawah layar smartphone kamu. Namun ingat, saat ini belum semua aplikasi kompatibel dengan fitur split screen ini. Diperlukan penyesuaian agar membuka aplikasi pada multi layar android dapat berjalan mulus. Jadi sebelum mengaktifkan fitur ini, pilihlah aplikasi yang kompatibel dengan modus split screen, iya.

Nah, bagi kamu pengguna ponsel android dengan fitur splits creen dan kecepatan multitasking. Berikut cara mudah aktifkan fitur split screen untuk membuka 2 layar yang sama di hp Android kamu.
1. Aktifkan fungsi Developer, buka menu Settings, Developer Options, dan About this device.
2. Ketuk Version number beberapa kali sampai muncul notifikasi, bahwa kamu sudah dikenali sebagai developer.
3. Kembali ke menu Settings awal dan buka Developer options. Lalu geser ke bawah dan aktifkan opsi terakhir, yakni Force activities to be resizable.
4. Setelah aktif, aplikasi yang belum kompatibel dengan modus split screen dipastikan dapat berjalan mulus.
5. Restart smartphone terlebih dulu, kemudian jalankan aplikasi multi window terbaik ini pada smartphone android kamu.

Setelah fitur splits creen di aktifkan di android maka cara membuka 2 aplikasi sekaligus di android adalah sebagai berikut: 
Buka dua aplikasi secara terpisah, lalu buka dan tahan tombol task manager (recent apps). Maka kedua aplikasi secara otomatis akan ditampilkan dalam modus split screen. 
Cara lain, bisa dilakukan dengan menahan dan menggeser aplikasi yang ingin dibuka melalui tombol Recent Apps. Lalu, geser aplikasi tersebut ke bagian atas layar. Kemudian aplikasi akan otomatis berada di setengah bagian atas layar dan pilih aplikasi lain yang akan diletakkan di bagian bawah layar.

Selain cara di atas, cara membuka 2 aplikasi yang sama di android juga bisa dilakukan dengan mengaktifkan System UI Tuner melalui pengaturan. Kamu cukup menggeser layar bagian atas, sampai seluruh notifikasi dan quick settings terlihat di layar Smartphone Android kamu. Tekan dan tahan beberapa detik ikon gerigi di bagian atas sampai berputar. Setelah dilepas, kamu akan menerima peringatan di layar bawah, System UI Tuner sudah ditambahkan pada opsi pengaturan. Langkah selanjutnya, buka Settings, pilih System UI Tuner dan Other. Kemudian, aktifkan Enable split-screen swipe-up gesture. Apabila fitur tersebut sudah diaktifkan, kamu cukup menggeser aplikasi yang ingin dibuka ke bagian atas dengan memulainya dari tombol Recent Apps.


cara mudah membuka 2 layar yang sama di android
(foto:google.com)


Mudahkan, menjalankan 2 aplikasi bersamaan di hp android. Yang penting aplikasi multi window pada ponsel android kamu tersedia. HP Android Galaxy C9 Pro hadir dengan beragam fitur teranyar yang kian memudahkan penggunanya. Selain panel notifikasi lebih rapi, fitur lain yang tak kalah menarik adalah kehadiran modus split screen atau multi layar pada smartphone android yang dimilik Samsung. Cara mengaktifkan fitur split screen ini pun sangat mudah untuk membuka 2 layar yang sama di android kesayangan mu. Sudah punya belum?. Jika sudah, segara coba aplikasi 2 layar di android kamu.



Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan share pada sahabat Anda. Jika ada masukan, pertanyaan bisa tinggalkan komentar di bawah ini.


EmoticonEmoticon