3 Jenis Mainan Terbaik untuk Anak usia 1-2 Tahun

3 Jenis Mainan Terbaik untuk Anak usia 1-2 Tahun. Jenis mainan anak 1 tahun yang bagus untuk perkembangannya. Memilih jenis mainan anak umur 1 tahun yang tepat, tentu tidak lepas dari tanggung jawab kita sebagai orang tua. Hal ini disebabkan, pada usia 1 tahun, anak-anak sangat menyukai berbagai bentuk permainan. Dan tidak hanya itu, pada usia seperti ini, seorang anak sangat membutuhkan stimulus dari luar guna membantu perkembangan motorik dan sensoriknya.


3 Jenis Mainan Terbaik untuk Anak usia 1-2 Tahun


Pada usia 1 tahun, seorang anak sudah sangat aktif dalam mengenal barang-barang disekitarnya. Dengan menyediakan maupun menemani sang buah hati bermain dengan jenis permainan yang tepat, kita dapat mengoptimalkan perkembangan fisik maupun mentalnya dengan baik. Untuk itu mari kita bersama-sama menyimak ulasan tentang "berbagai jenis mainan yang baik bagi perkembangan anak umur 1 tahun" ini. Dan juga makanan apa saja yang bisa ibu sajikan guna meningkatkan kesehatan fisik dan perkembangan sang anak.

Pilihan Jenis Mainan Anak Usia 1 Tahun yang Mendukung Perkembangannya. Jenis permainan yang dibutuhkan anak pada usia 1 tahun guna meningkatkan stimulus untuk perkembangannya, sebenarnya bukanlah jenis permainan yang susah dan sulit untuk ditemui. Banyak dari jenis permainan ini justru sangat dekat dengan lingkungan kita dan sudah sangat sering kita dengar sehari-hari, sperti permainan “Ciluk ba..”.

Bagi orang Indonesia, tentu tidak asing dengan jenis permainan ini. Ciluk ba sendiri merupakan sebuah jenis permainan dimana orang tua atau orang dewasa berusaha menarik perhatian seorang anak, dengan cara menutup wajahnya dengan kedua tangan dan ketika perhatian sang anak sudah terfokus pada kita maka kita akan menyingkirkan tangan dari wajah dan mengagetkan sang anak.

Hal ini terbukti sangat ampuh dalam menarik perhatian seorang anak. Jenis mainan anak usia 1 tahun ini, sangat mudah dilakukan. Tidak memerlukan ketrampilan dan biaya tertentu untuk melakukannya. Permainan 'ciluk ba' ini mampu merangsang perkembangan sang buah hati terutama dalam mengenali anggota keluarganya. Selain itu kita juga merangsang kemampuan seorang anak untuk bereaksi terhadap suara maupun tindakan kita.

Jenis mainan anak usia 1 yang murah beriah lainnya adalah "bermain musik". Anda tidak perlu terkejut dengan jenis mainan anak 1 tahun ini, bermain musik bukan berarti sang buah hati diajarkan untuk memegang alat musik apalagi memainkannya. Bermain musik disini berarti anda bersama-sama dengan anak untuk bernyanyi dan menari dengan musik yang berasal dari pemutar musik.

Anda dapat membeli jenis mainan yang yang berisi musik atau nyanyian yang sudah banyak dijual dipasaran. Dengan memutarkan lagu atau musik pada anak-anak, Anda dapat menemani sang buah hati untuk menirukan gerakannya ataupun mengikutinya benyanyi. Walaupun mungkin pengucapan sang anak masih belum sempurna.

Bermain musik sangat baik bagi anak usia 1 tahun, dikarenakan pada usia tersebut, anak-anak memiliki kecenderungan untuk menirukan bunyi yang ia dengar sehari-hari dan sudah mampu menyebutkan dua hingga tiga suku kata meskipun tidak memiliki arti khusus. Selain dapat meningkatkan perkembangan anak usia 1 tahun dengan optimal, bermain musik sambil menirukan gerakan tertentu dapat mengajarkan rasa percaya diri pada sang buah hati.

Jenis mainan edukatif pada anak usia 1 tahun, juga bisa "bermain sambil berolahraga". Anak pada umur 1 tahun sangat menyukai situasi dan juga aktivitas yang dilakukan di luar rumah seperti di halaman rumah. Hal ini disebabkan rasa ingin tahu seorang anak pada usia ini yang sangat tinggi terhadap hal-hal baru disekitarnya. Rasa ingin tahu ini juga menyebabkan seorang anak usia 1 tahun sangat sering terlihat mengulurkan tangan guna meraih benda disekitarnya.
advertising
Nah, itulah contoh 3 jenis mainan terbaik untuk anak usia 1-2 tahun yang bisa mendidik buah hati Anda. Mainan edukatif ini dapat membantu perkembangan motorik dan sensorik anak umur 1-2 tahun.

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan share pada sahabat Anda. Jika ada masukan, pertanyaan bisa tinggalkan komentar di bawah ini.


EmoticonEmoticon